merapikan RAMBUT dan KUKU ala RASULULLAH

by Aba syahid on 12:01 AM, 30-Sep-12

Category: sunah nabi

diantara beberapa hal yang dianjurkan oleh rasulullah s.a.w terkait kebersihan dan kerapian ,adalah memotong kuku mencukur serta merapikan rambut, sebut saja sebuah hadist yang di riwayatkan oleh anas bin malik ra, ia berkata:"kita diberi batas waktu dalam mencukur kumis, memotong kuku . Membersihkan buku ketiak dan mencukur rambut kemaluan. Janganlah kita biarkan lebih dari 40 hari."(HR.muslim)


hadist diatas dengan jelas menyebutkan bahwa rasulullah saw .menganjurkan kepada para sahabat agar memotong kuku, serta merapikan kumis, buku ketiak, dan rambut kemaluan, sekurang-kurangnya 40 hari sekali.
Bahkan lebih baik lagi setiap minggu sekali kita memotong atau merapikannya.

Selain tidak rapi, jika kuku dan rambut itu dibiarkan panjang, apalagi tak terurus, maka akan menjadi sumber segala penyakit . Kuku misalnya, jika di panjangkan, akan menyulitkan pembersihan kuman di sela sela ujung jari kita karena terhalang . Ketika tangan kita di gunakan mengambil makanan , dan kemudian makanan tersebut kita makan , bisa jadi kuman-kumannya ikut terbawa . Padahal kita tahu bahwa jari tangan kita merupakan organ tubuh yang paling sering kita gunakan untuk meraba atau memegang benda yang berpotensi mengandung kuman .
Selain untuk alasan kesehatan , rasulullah saw.menganjurkan agar kita merawat rambut kumis maupun janggut , karena beliau tidak menyukai umat yang senang menyerupai atau berpenampilan seperti orang musyrik . Sebagai mana diriwayatkan dari ibnu umar ra, ia berkata :rasulullah saw -telah bersabda, "janganlah kamu meniru orang musyrik. Cukurlah kumis dan rapikan jenggot," (HR BUKHARI MUSLIM].
Hadist tersebut sekaligus menunjukkan bahwa orang musyrik dulu identik dengan penampilan urakan, seperti membiarkan kumis dan janggutnya terurai tak teratur maka rasulullah s-a-w melarang umat islam untuk berperilaku seperti orang musyrik tersebut wallahu a'lam

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

1 responses to "merapikan RAMBUT dan KUKU ala RASULULLAH"

Santri ndablegs [06:57 AM, 23-May-13]

Jangankan bulu kemaluan,khatam qur an aja dianjurkan minimal 40 hari harus bisa khatam.... smile

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images